Apakah yang dimaksud diabet kering dan basah itu ?

Sebelumnya kita definisikan dulu apa itu yang dinamakan diabet atau nama lengkapnya adalah diabetes melitus. Diabetes melitus adalah suatu penyakit kelainan metabolisme dimana kadar gula atau glukosa dalam darah tinggi diatas normal. Kondisi ini disebabkan oleh kurangnya insulin dalam tubuh yang mana tugas insulin itu sendiri adalah mengolah dan mengurai gula atau glukosa menjadi energi. Bila jumlah insulin kurang,  otomatis tidak semua gula diolah dengan sempurna, akibatnya terjadi penumpukan gula dalam darah. Satu lagi disebabkan oleh resistensi insulin, dimana jumlah insulin dalam batas normal akan tetapi tidak mampu mengolah gula tersebut. Akibatnya lagi-lagi terjadi penumpukan gula dalam darah. Sekarang yang jadi pertanyaan adalah apakah yang dimaksud diabet kering dan basah itu, apakah ada perbedaan antara keduanya ?

Disini kita akan membahas tentang istilah diabet kering dulu. Sebenarnya tidak ada definisi pasti apa itu diabet kering, hanya saja itu adalah istilah yang biasa beredar di kalangan masyarkat untuk membedakan jenis penyakit kencing manis yang memiliki luka kering  dan berkeriput, biasanya penderita diabet kering memiliki perawakan kurus kering walaupun tetap selalu merasa lapar.

Sementara yang disebut diabet basah adalah penderita kencing manis yang mempunyai luka basah dan susah sembuh. Luka selalu mengeluarkan nanah dan darah walaupun dengan perawatan yang seharusnya. Biasanya luka tersebut berbau karena adanya gangren dan luka dekubitus yaitu adanya penekanan berat tubuh.

Kedua istilah diabet kering dan basah ini sama-sama memiliki kada glukosa yang tinggi. Pada diabet basah kadar gula ini jauh lebih tinggi atau dinamakan hiperglikemia. Ini adalah kelanjutan dari tipe kering yang berlangsung lama.

Bila luka basah tidak dapat diobati dengan pengobatan dan perawatan maka diperlukan tindakan operasi untuk mengangkat jaringan mati yang disebut nekrosis atau pada tahap yang lebih parah harus dilakukan amputasi. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah penyebaran infeksi ke bagian tubuh lain yang masih utuh dan sehat. Sekarang marilah selalu menjaga kesehatan anda dan keluarga.

imunoterapi jakarta

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *